Sabtu, 19 Desember 2015

Bahasa Pemrograman C dan C++ adalah Keluarga

         Akhir-akhir ini RumahRobotik sering mendapat pertanyaan tentang perbedaan antara dua bahasa pemrograman yaitu bahasa pemrogaman C dan C++. Untuk menjawab pertanyaan tersebut RumahRobotik akan sharing sedikit tentang perbedaan antara kedua bahasa pemrograman tersebut. 
          
      Bahasa C dan C++ adalah keluarga karena bahasa C++ turunan dari bahasa C. Penemu bahasa C++ menggunakan bahasa C sebagai dasar dari bahasa pemrograman C++. Meskipun bahasa C dan C++ merupakan satu garis keturunan mereka berdua memiliki perbedaan-perbedaan yang dapat kita lihat dengan kasat mata dalam struktur pemrogramannya.

Perbedaan Bahasa C dan C++:

"Penemu Bahasa Pemrograman C dan C++"

  • Ayah dari bahasa C adalah Dennis MacAlistair Ritchie atau biasa dikenal dengan nama Dennis Ritchie bersama dengan sahabatnya Ken Thompson.
  • Ayah dari bahasa C++ adalah Bjarne Stroustrup.
"Tipe Data"

  • Tipe Data Karakter
Pada bahasa pemrograman C++, boolean dapat berisi true ataupun false, mirip Pascal. Sedangkan pada bahasa pemrograman C tidak ada type boolean. diganti dengan type bilangan bulat, dengan aturan false adalah 0 dan true adalah angka selain 0.

  • Tipe Data String
Pada bahasa pemrograman C, tidak ada type data khusus string, sehingga string didefinisikan sebagai array of char. Sedangkan pada bahasa pemrograman C++, untuk menggunakan type string harus ada #include, di awal program harus menggunakan std::string.

"File Header dan Input Output"

  • File Header
Dalam bahasa pemrograman C, file header yang digunakan adalah "stdio.h". Dan dalam bahasa pemrograman C++, file header yang digunakan adalah "iostream.h". 
  • Cout & Printf
Dalam bahasa pemrograman C, penggunaan untuk fungsi output digunakan "printf" (print formatted). Dan dalam bahasa pemrograman C++, penggunaan untuk fungsi output digunakan perintah "cout".
  • Cin & Scanf
Dalam bahasa pemrograman C, untuk pengambilan fungsi input mengunakan "scanf". Dan dalam bahasa pemrograman C++, untuk pengambilan karakter melalui keyboard menggunakan "Cin".

"Syntax dalam Penulisan Program"


Bahasa Pemrograman C



#include<stdio.h>

Int main()
{

printf("Saya Sedang Belajar Program C dan C++!");

}

Bahasa Pemrograman C++

#include<iostream.h>

Int main()
{

cout << "Saya Sedang Belajar Program C dan C++!";
return 0;

}





         Untuk saat ini hanya itu perbedaan-perbedaan yang RumahRobotik dapat sampaikan. jika teman-teman blog walker ingin mengetahui perbedaan yang lainnya, teman-teman blog wolker bisa mengunjungi referensi yang RumahRobotik sediakan dibawah.

Referensi:

0 komentar :

Posting Komentar